Apakah Perlu Beli Smartphone 5G Sekarang?

Setelah beberapa bulan yang lalu operator di Indonesia meluncurkan jaringan 5G, kita melihat satu hal bahwa jaringan ini bakalan jauh lebih kencang daripada jaringan 4G.

Kecepatan internetnya pun semakin tinggi. Dan yang paling diharapkan dari jaringan terbaru ini adalah implementasinya yang cepat. Karena saat ini jaringan 5G hanya terbatas di beberapa daerah Jakarta saja.

Tapi masih banyak juga yang daerahnya malah belum tercover 4G sehingga hanya merasakan 3.5G saja yaitu HSPA.

Beberapa dari kalian mungkin bakalan bilang begini. “Ah 4G aja belum merata. Ini ngapain sih ngembangin 5G? Lebih baik meratakan sinyal 4G ke seluruh Indonesia aja dulu!

Awalnya saya juga sepakat dengan hal itu. Toh di rumah saya aja 4G nya suka ilang-ilang sinyalnya. Untungnya ada IndiHome yang justru di daerah rumah saya stabil banget.

Baca juga: Android TV Box atau Smart TV?

Namun setelah dipikir kembali, implementasi 5G lebih awal justru jadi bukti bahwa sebenarnya Indonesia bisa mengembangkan teknologi ini secara cepat. Pasti banyak yang butuh dengan koneksi 5G ini karena semakin kesini kita butuh internet yang lebih cepat.

Awal-awal 5G mungkin hanya terbatas di beberapa daerah saja. Tapi seiring berjalannya waktu, operator pasti berfikir kalau di daerah lain juga butuh dipasangkan 5G. Apalagi implementasi 5G ini, sejauh yang saya tahu, lebih mudah karena tinggal menggunakan tower 4G yang sudah ada dengan modifikasi atau penambahan alat saja.

Setelah itu implementasi 5G ini lambat laun akan merata ke seluruh Indonesia dan daerah yang belum tercover oleh 4G, bisa jadi akan langsung dirubah ke 5G sekalian.

Seperti halnya 4G awal-awal hadir. Awalnya memang hanya di tempat tertentu saja. Tapi sekarang justru hampir merata di semua area.

Gayung bersambut, para produsen smartphone di Indonesia juga antusias dengan 5G yang akan hadir di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya smartphone yang sudah memiliki kemampuan untuk menangkap sinyal 5G.

Mulai dari Samsung, Xiaomi, Vivo, dan produsen ponsel lainnya. Semuanya secara resmi menjual smartphone 5G nya di Indonesia. Ingat, resmi! Bukan distributor.

Apakah ini hal yang bagus? Tentu saja! Tapi apakah kita perlu beli smartphone 5G sekarang?

Saya pribadi lebih memilih untuk menahan dulu membeli smartphone 5G, walaupun smartphone yang sudah bisa 5G cukup banyak dan cukup terjangkau juga. Kenapa?

Karena di daerah saya sendiri belum ada jaringan 5G. Jadi rasanya mubazir aja kalau harus sekarang beli smartphone yang sudah mendukung 5G karena kemampuannya ini gak terpakai. Apalagi harga smartphone 5G ini dijual lebih mahal daripada smartphone 4G.

Kita lihat contoh berikut. Vivo V21 misalnya. Dijual di official store nya untuk yang varian 5G dengan 8GB RAM dan 128GB internal storage dijual dengan harga 5.8 juta.

Sedangkan Vivo V21 yang varian 4G dijual dengan harga 4.3 juta aja dengan RAM dan internal storage yang sama. Beda 1.5 juta!

1.5 juta bagi saya bukan nominal yang sedikit. Itu bisa untuk beli smartphone lagi malah. Atau bisa juga beli yang lain.

Atau contoh lain Samsung A22. Di Indonesia smartphone Samsung yang satu ini juga dijual dengan varian 5G dan 4G. Untuk yang varian 5G, harganya sendiri di kisaran 3.45 juta dengan RAM 6GB dan internal storage 128GB. Untuk varian 4G nya dijual dengan harga 2.9 juta dengan RAM dan internal storage yang sama. Beda sekitar 550 ribu.

Intinya harga smartphone 5G lebih mahal daripada smartphone 4G dengan spesifikasi yang kurang lebih sama. Beda di chipset yang digunakan.

Gak ada salahnya juga beli smartphone 5G meskipun harganya lebih mahal. Tapi kita harus lihat kembali, apakah jaringannya ada di rumah kalian? Atau kantor kalian? Atau di tempat kalian sering tinggal?

Kalau belum ada jaringan 5G nya untuk apa beli smartphone 5G? Toh masih belum terpakai, setidaknya untuk saat ini. Bisa juga beli smartphone 5G sekarang untuk investasi ketika nanti sudah ada jaringan 5G. Tapi apakah kuat untuk gak ganti smartphone sampai jaringan 5G ada di daerah kalian?

Bisa jadi ketika nanti 5G sudah agak merata di Indonesia, smartphone yang sudah mendukung jaringan generasi kelima ini akan lebih murah dan lebih tinggi spesifikasinya daripada yang ada sekarang.

Kita juga belum tahu implementasi jaringan cepat ini apakah akan ada dalam 1 atau 2 tahun kedepan. Atau malah 5 tahun kemudian baru ada di daerah kalian.

Tapi kita berharap bahwa jaringan 5G ini bisa hadir dalam jangka waktu yang tidak lama lagi supaya semua kalangan bisa menikmati jaringan internet yang lebih cepat daripada jaringan 4G ini.

Jadi apakah perlu beli smartphone 5G sekarang? Well itu tergantung dari kalian sendiri yang memutuskan. Bagi saya sendiri setidaknya tahan 2 tahun atau 3 tahun lagi untuk beli smartphone 5G atau ketika jaringannya sudah ada di daerah kalian, baru beli smartphone yang sudah mendukung 5G.

Karena perbedaan harganya sendiri cukup jauh. Perbedaan harga itulah kita bahkan bisa membeli smartphone lagi ataupun aksesoris smartphone lain yang kualitasnya bagus.

Menurut kalian lebih baik sekarang atau nanti buat beli smartphone 5G? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya!

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: