Pilih Smart TV atau Android TV Box?

Beberapa dari kita mungkin agak bingung dengan istilah Smart TV dan Android TV Box. Padahal keduanya itu sebenarnya berbeda, tapi agak sedikit sama dari sistemnya.

Apa itu Smart TV?

Smart TV itu apa sih? Smart TV itu sederhananya adalah sebuah televisi yang memiliki fitur lebih daripada TV lainnya. Smart TV itu punya sistem operasinya sendiri (rata-rata Android) yang sudah dikustomasi oleh pabrikan pembuat televisi.

Misalnya Samsung dengan Tizen, Xiaomi dengan Android yang sudah dikustomasi juga oleh Xiaomi, dan merk televisi lainnya. Hampir sama sistemnya dengan smartphone dimana sudah punya sistem operasi khas pabrikannya dan juga bisa menjalankan aplikasi Android yang biasa kita gunakan pada smartphone.

Dengan adanya Android langsung dari TV, kita bisa menikmati fitur multimedia seperti YouTube, Spotify, dan lainnya di Smart TV secara langsung.

Apa itu Android TV Box?

Sedangkan untuk Android TV box kegunaannya adalah sebuah alat yang mampu membuat sebuah televisi biasa menjadi layaknya Smart TV. Namun dengan sistem operasi Android yang dibawa oleh Android TV box.

Jadi kalau televisi Anda tidak bisa membuka aplikasi layaknya Smart TV, maka dengan Android TV box hal itu bisa dilakukan.

Sistem operasinya sendiri tergantung dari Android TV Box yang Anda beli. Biasanya di marketplace rata-rata Androidnya sudah Android Nougat keatas.

Penjelasan

Sekilas kalau kita lihat, Android TV Box ini merupakan pilihan yang baik ketimbang membeli Smart TV. Tapi kalau kita lihat lagi, Android TV Box ini lebih baik dibeli ketika ada TV yang tidak terpakai/sudah ada TV sebelumnya, sehingga kita bisa jadikan televisi itu menjadi Smart TV.

Sedangkan Smart TV pilihan yang oke ketika Anda belum punya TV atau berencana untuk membeli TV baru kedepannya. Harganya memang agak mahal ketimbang televisi biasa. Tetapi harga yang lebih mahal itu bisa dimaklumi karena langsung bisa menjalankan aplikasi Android pada umumnya.

Yang harus diperhatikan adalah keduanya, baik Smart TV maupun Android TV Box membutuhkan internet yang stabil agar bisa nyaman untuk digunakan. Dan tentunya kuota internet yang besar.

Kalau Anda pasang internet fiber seperti IndiHome, Biznet, GIG, dll, tentunya akan lebih nyaman lagi.

Smart TV punya harga yang lebih mahal dari televisi biasa dengan ukuran yang sama. Misalnya televisi biasa berukuran 32 inch harganya 1,6 jutaan, harga Smart TV bisa lebih mahal 300-500 ribuan dari TV biasa.

Sebuah kekurangan yang sebetulnya bisa ditoleransi dengan mengalokasikan dana lebih untuk membeli TV baru.

Sedangkan Android TV Box punya kekurangan dari aplikasi yang ada, seperti KODI misalnya, itu ilegal. Tapi kita bisa mengakalinya dengan memasang aplikasi menonton tv untuk Android TV Box. Sekarang ini sudah banyak kok aplikasi streaming TV lokal yang legal dan gratis juga.

Dan merk dari Android TV Box ini juga beragam ya. Pabrikannya juga kurang familiar di telinga kita. Saya pribadi pakai Android TV Box dengan merk TX3 Mini RAM 2GB dan storage 16GB. Sejauh ini masih nyaman untuk digunakan. Setel Spotify dan YouTube juga lancar dengan sesekali nge-freeze.

Harga dari Android TV Box juga beragam. TX3 Mini sendiri harganya di kisaran 300 ribuan. Ada juga yang harganya 1 jutaan. Ada harga ada rupa.

Jadi pilih yang mana?

Ketika Anda sedang mencari TV baru, membeli Smart TV tentunya pilihan yang baik. Karena Anda sudah siap budget banyak untuk membeli TV. Penggunaannya juga mudah.

Sedangkan bagi Anda yang punya TV atau monitor yang jarang dipakai, membeli Android TV Box lebih worth it untuk dibeli karena Anda punya fitur multimedia lebih yang bisa dimanfaatkan dari Android TV Box ini. Bisa untuk YouTube, Spotify, dan juga nonton siaran televisi.

Selain itu harus diingat pula kalau keduanya membutuhkan internet yang stabil layaknya sebuah smartphone agar bisa optimal. Tanpa internet, baik Smart TV maupun Android TV Box tidak bisa dinikmati secara optimal.

Anda sendiri memilih Smart TV atau Android TV Box?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: