7 Motherboard Mini ITX untuk Prosesor AMD

Dari sekian banyak form factor pada motherboard, jenis mini ITX saat ini mulai diminati oleh orang-orang yang akan merakit PC untuk gaming ataupun untuk kebutuhan lainnya. Karena itu saat ini semakin banyak motherboard mini ITX, salah satunya motherboard mini ITX untuk AMD Ryzen dengan socket AM4.

Harga motherboard mini ITX untuk AMD Ryzen juga bervariasi. Ada yang mahal, ada juga yang murah. Tergantung dari kebutuhan dan dana yang kamu miliki.

Motherboard mini ITX sendiri memiliki kelebihan yaitu bentuknya yang kecil dan terlihat ringkas ketika dirakit ke casing. Bahkan bisa masuk ke casing yang bentuknya kecil sekali sehingga tidak memakan tempat dari meja kerja yang kamu punya.

Baca juga : Plus Minus Merakit PC dengan Komponen Bekas

Berikut adalah 7 motherboard mini ITX untuk AMD

1. Gigabyte Aorus B450i Pro Wifi Mini ITX, harga Rp2,350,000

Motherboard Gigabyte yang satu ini merupakan seri lama dan masuk ke seri kelas menengah karena chipsetnya B450. Namun karena menyandang nama Aorus, motherboard ini sanggup untuk menjalankan prosesor Ryzen 9 5950X yang merupakan prosesor AMD paling kencang untuk kelas konsumer!

2. AsRock B550M ITX/AC, harga Rp2,300,000

AsRock dikenal dengan motherboard dengan harga yang murah. Motherboard AsRock yang satu ini masuk dalam kelas menengah, namun chipsetnya sudah baru yaitu chipset B550.

Karena chipsetnya sudah B550, motherboard ini sanggup menjalankan prosesor AMD hingga Ryzen 9 5950X.

3. MSI MPG B550I Gaming Edge Wifi, harga Rp3,700,000

MSI MPG ini meskipun ukurannya kecil dan harganya cukup mahal dibandingkan beberapa motherboard, dia sudah sanggup untuk menjalankan prosesor AMD hingga Ryzen 9 5950X.

4. Asus ROG Strix B550-I Gaming , harga Rp4,000,000

Asus ROG yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Seri ROG mampu untuk menjalankan tugas yang sangat berat. Motherboard ini sendiri mampu menjalankan prosesor AMD hingga Ryzen 9 5950X.

5. AsRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX, harga Rp3,600,000

Seri Phantom Gaming merupakan seri kelas menengah dari AsRock. Seperti motherboard AMD jenis ITX yang lainnya, motherboard ini sanggup hingga prosesor AMD Ryzen 9 5950X dengan kode Vermeer.

6. Gigabyte A520I AC, harga Rp2,100,000

Motherboard mini ITX yang satu ini merupakan chipset entry level dari jajaran chipset motherboard AMD yang baru. A520 merupakan chipset kelas murah yang dihadirkan oleh AMD untuk mengakomodir pengguna yang terbatas dari sisi dana.

Motherboard ini sebenarnya sanggup menampung prosesor Ryzen 9, namun karena ini merupakan chipset kelas bawah yang mana komponennya tidak sebagus chipset kelas atas, disarankan maksimal hingga Ryzen 5 saja.

7. Asus ROG Strix X570I Gaming, harga Rp5,200,000

Seri chipset X570 merupakan chipset kelas atas dari AMD. Sudah tentu motherboard Asus ini, dan tentu saja ROG, bisa menghandle prosesor Ryzen kelas high end dengan mudah.

Semua motherboard AMD mampu melakukan overclocking, termasuk form factor mini ITX juga bisa melakukan overclocking. Namun pastinya hasil yang didapat akan berbeda-beda.

Motherboard mini ITX untuk AMD ketersediaan di pasar tidak terlalu banyak, karena produsen juga membuat motherboard dengan jenis yang lain seperti ATX dan micro ATX. Walaupun bentuknya kecil, motherboard mini ITX juga memiliki komponen yang sama bagusnya dengan yang lain.

Sudah menemukan motherboard mini ITX untuk prosesor AMD kalian? Pilih yang mana?

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: