Apakah Internal Storage 32GB di Smartphone Android Cukup?

Smartphone sekarang semakin canggih dan berkembang dengan pesat setiap bulannya. Para produsen ponsel berlomba-lomba untuk merilis smartphone terbarunya secepat mungkin agar bisa meraih lebih banyak konsumen. Dan tentunya agar penjualan bisa meningkat.

Salah satu yang berkembang adalah penyimpanan internal atau internal storage yang ada pada smartphone. 5 tahun yang lalu, internal storage 32GB sudah bisa dibilang besar sekali dan kita hanya bisa temukan pada smartphone flagship pada saat itu.

Tapi smartphone saat ini justru yang memiliki penyimpanan internal 32GB itu rata-rata smartphone kelas terjangkau. Dan sekarang smartphone flagship rata-rata menggunakan internal storage 128GB keatas. Bahkan ada juga yang 1TB!

Mungkin bisa jadi 5 tahun berikutnya kita bisa menemukan storage sebesar itu di smartphone kelas terjangkau. Selalu ada siklus seperti itu.

Lalu apakah smartphone Android dengan internal storage 32GB saat ini, di tahun 2021 apakah mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari? Dengan asumsi bahwa smartphone tersebut digunakan secara rutin dan tidak memiliki smartphone lain.

Baca juga: Pengalaman Pribadi Menggunakan Telkomsel Pascabayar Selama 3 Tahun

Saya sendiri memiliki smartphone Samsung A20 dengan internal storage 32GB, sebenarnya cukup-cukup saja. Asal tidak digunakan untuk main game. Seperti kita tahu bahwa ukuran game pada smartphone saat ini semakin besar. Bisa mencapai 2GB lebih.

Saya menggunakan Samsung A20 sudah diinstal aplikasi yang penting untuk sehari-hari, mulai dari aplikasi untuk belanja online, sosial media, chatting, browser, hingga perbankan, sudah menghabiskan internal storage hingga 14GB lebih. Belum ditambah dengan sistem sebesar 9GB, menjadikan internal storage dari 32GB total, hanya menyisakan kurang lebih 9GB saja.

Tinggal sisa 9GB kalau gak install game

Itu belum dipakai untuk instal game. Kalau diinstal game, mungkin hanya sisa 5GB lagi yang tersisa. Belum ditambah foto dan video.

Bagi saya, menyisakan hanya 5GB saja rasanya sudah sempit sekali. Karena semakin kita sering menggunakan aplikasi, maka cache yang terbentuk akan semakin besar juga. Pada aplikasi YouTube saja, file cache ini bisa sampai 1GB sendiri. Belum aplikasi lainnya yang mungkin ukuran file cache nya bisa lebih besar lagi.

Memang kita bisa rutin untuk menghapus file cache tersebut. Tapi apa gak ribet harus clear cache tiap saat? Belum lagi ketika storage udah mepet banget, smartphone Android kita jadi lebih lambat atau mungkin bisa crash.

Untuk foto dan video kita bisa mengakalinya dengan menggunakan microSD karena kita bisa memindahkannya dengan mudah. Tapi kalau aplikasi, sudah tidak bisa kita pindahkan ke external storage.

Kesimpulan

Jadi apakah internal storage 32GB pada smartphone Android cukup?

Sebenarnya masih cukup-cukup saja. Asal penggunaannya tidak untuk gaming dan hanya instal aplikasi yang sifatnya sering kita pakai saja, masih cukup oke.

Tapi jika kalian mempunyai budget yang lebih, saya sarankan untuk beli smartphone Android, yang internal storage nya minimal 64GB. Lebih dari itu lebih baik karena kita punya space yang lebih lega dan leluasa untuk menginstal aplikasi ataupun game yang kita suka.

Lebih enak lagi kalau ada slot microSD nya supaya foto dan video bisa disimpan di microSD karena ukuran file foto dan video saat ini pada smartphone sudah sangat besar.

Menurut kalian apakah masih cukup storage 32GB? Coba komentar dibawah.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: