Cara Menggunakan Keyboard Eksternal pada Smartphone

Kadang kita gak bisa bawa laptop kemana-mana untuk ngetik. Entah itu untuk bikin naskah, ataupun hanya sekedar untuk ngetik di Whatsapp agar gak cape kalau ngetik di layar sentuh pada smartphone. Apalagi memang jika kamu intens banget menggunakan Whatsapp atau aplikasi lainnya.

Saya pernah ngerasain gimana pegelnya tangan ketika banyak pesan dari WA masuk dan harus jawab dengan cukup panjang supaya si penerima pesan bisa lebih mengerti apa yang kita tulis.

Ini kejadian ketika saya positif Covid19. Saya harus lapor sana-sini, mulai dari atasan tempat kerja, ketua RT, sampai Satgas. Dan tentunya tetangga yang ingin mengkonfirmasi saya positif dan ngasih saran-saran supaya bisa sembuh dari Covid19. Bener-bener capek ngetik mulai dari kronologi gue kenapa bisa kena Covid dll.

Hal ini mendorong saya untuk pake laptop yang ada. Cukup membantu kita buat ngetik panjang karena pake keyboard yang ada di laptop. Tapi tetep agak kurang nyaman karena berat juga laptop saya ini. Selain itu di rumah juga saya udah gak punya PC desktop, jadi bener-bener laptop dipakai bukan sama saya aja, tapi juga istri.

Baca juga 7 Rekomendasi Laptop 5 Jutaan

Pun ketika sedang isolasi mandiri, tetep banyak yang nanya kondisi kaya gimana. Dan itu kadang bikin pegel tangan karena harus bales satu-satu. Terlebih jari saya juga gede.

Tapi akhirnya saya menemukan solusi yang cukup bagus dan murah. Berhubung ada keyboard mechanical nganggur dan bentuknya juga ringkas, saya pasang keyboard itu ke smartphone supaya ngetik-ngetik bisa lancar, cepat, dan gak cape juga tangan.

Mungkin udah banyak yang tau cara ini dan kalian boleh skip dari sekarang. Tapi buat yang belum tau, enjoy tulisan ini sampai akhir supaya gak bingung lagi.

Hal yang paling penting untuk menyambungkan keyboard mekanikal, atau keyboard apapun yang kalian punya, adalah kabel USB OTG. Kalau smartphone kalian menggunakan microUSB untuk ngecas, maka gunakan USB OTG microUSB to USB.

Sedangkan kalau smartphone kalian memakai USB Type C, maka gunakan USB OTG Type-C to USB.

USB OTG Type-C dan microUSB

Kalau kalian punya keyboard bluetooth ya tinggal koneksikan saja keyboard bluetooth yang ada dengan smartphone yang kalian punya.

Berhubung saya cuma punya keyboard biasa dan smartphone saya pake USB Type-C, saya beli USB OTG Type-C to USB. Tapi microUSB nya juga ada, jadi saya beli yang kombo biar bisa dipakai di smartphone yang satu lagi yang masih pakai microUSB.

Micro USB bisa, Type-C juga bisa

Saya sendiri pake OTG nya merknya Uneed. Tapi kalian bisa bebas pake USB OTG yang merk apapun. Saya sendiri beli ini di harga 30 ribu. Cukup bagus dan keyboard mechanical saya bisa dipake ngetik di smartphone yang saya punya yaitu Samsung A20. RGB nya juga nyala lho.

USB OTG merk Uneed

Cuma saya merasa baterai smartphone jadi lebih boros waktu dipasang keyboard ini. Mungkin karena ekstra lampu yang ada pada keyboard ini bikin baterai smartphone jadi cepet habis.

Dari sepengalaman saya, cuma tinggal masukin USB OTG nya ke smartphone dan pasang USB keyboardnya ke OTG yang udah kita pasang ke smartphone itu bisa langsung konek. Langsung bisa dipakai buat ngetik. Saya ngetik di Samsung Notes dan gak ada kendala apapun. Semuanya plug n play. Otomatis terkoneksi tanpa perlu pengaturan apapun.

Saya juga nyoba di Whatsapp juga lancar jaya. Cuma kalau mau otomatis terkirim ketika teken Enter, harus aktifin Enter is send di pengaturan Whatsapp nya.

Enter is send

Jadi kalau kalian mau pasang keyboard supaya bisa ngetik di smartphone, kalian cuma perlu beli USB OTG aja yang harganya juga gak terlalu mahal. Merk apapun juga bisa digunakan selama smartphone kalian mendukung fitur USB OTG.

Atau kalau gak pengen ribet dengan perkabelan, bisa beli keyboard dan mouse yang menggunakan koneksi bluetooth. Tinggal koneksikan antara smartphone dan keyboard atau mouse bluetooth yang kalian punya.

Mudah banget kan? Yuk tulis di kolom komentar kalau kalian udah nyoba tips ini dan berhasil. Kalaupun belum berhasil, kalian juga bisa komentar, siapa tau saya bisa bantu.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: