Categories
PC Teknologi

Apakah Harddisk Sudah Tidak Dibutuhkan Lagi Sekarang?

Dengan semakin murahnya SSD, apakah harddisk sudah tidak dibutuhkan lagi?

SSD itu jauh lebih kencang daripada harddisk. Itu fakta yang tidak bisa dibantah. Apalagi di zaman sekarang kita membutuhkan storage yang kencang. Entah itu untuk keperluan edit video, ataupun hal yang lain yang membutuhkan storage yang kencang.

SSD paling pelan pun masih bisa mengungguli kecepatan harddisk 5x lipat. Kalau SSD nya tipe NVMe, bisa 30x lipat dari kecepatan harddisk.

Dengan banyak yang menyarankan untuk menggunakan SSD, otomatis keberadaan harddisk akan semakin sulit kedepannya.

Memang storage yang kencang itu sangat nikmat. Tapi dari segi harga, keekonomisan harddisk dari sisi kapasitas masih belum bisa menyaingi SSD. Harddisk masih jauh lebih murah daripada SSD dari segi harga dengan kapasitas penyimpanan yang sama.

Mungkin kedepannya SSD akan semakin murah. Tapi faktanya saat ini harddisk masih sangat murah dan masih jadi pilihan bagi beberapa orang yang memang tidak punya dana banyak.

Lalu apakah harddisk masih diperlukan untuk penyimpanan?

Kami sendiri, untuk saat ini masih yakin kalau harddisk ini masih dibutuhkan. Kenapa? Karena dari sisi kapasitas dan harga, harddisk masih belum menjadi lawan sepadan bagi SSD.

Hal ini memungkinkan untuk kita menjadikan harddisk sebagai penyimpanan cadangan. Baik itu dalam bentuk harddisk eksternal ataupun menggunakan enclosure untuk harddisk 3.5 ataupun 2.5.

Kita bisa menyimpan banyak hal di harddisk tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam. Apalagi bagi kalian yang gamer, pasti agak gendok ngelihat total storage di game sekarang yang semakin rakus.

Atau kalian yang konten kreator, pasti perlu banyak sekali media penyimpanan. Kebayang harus ngeluarin berapa juta kalau menggunakan SSD eksternal.

SSD eksternal untuk 1TB bisa mencapai harga 2 jutaan. Sedangkan harddisk eksternal hanya 700 ribuan saja. Perbedaan yang cukup jauh ini bisa menghemat banyak budget untuk storage. Sedangkan konten kreator sendiri peralatannya cukup mahal. Untuk gamer juga.

Mungkin teknologi harddisk ini masih terlihat jadul dan lambat. Tapi untuk segi harga dan kapasitas, menurut kami masih belum bisa tergantikan oleh SSD.

Walaupun dari segi keamanan harddisk kalah jauh dengan SSD. Harddisk masih belum bisa tahan getaran karena memiliki mekanisme cakram yang masih memerlukan interaksi antara mesin dengan mesin. Kalau SSD tidak ada gerakan fisik pada mesinnya, sehingga lebih tahan guncangan.

Kesimpulannya adalah harddisk menurut kami masih belum bisa digantikan oleh SSD. Setidaknya sampai harga SSD sudah menyamai atau mendekati harga dari harddisk dengan kapasitas penyimpanan yang sama.

Beda cerita kalau kalian punya dana yang tidak terbatas, SSD jelas bisa jadi pilihan storage yang mumpuni. Jika dana terbatas, harddisk jelas masih bisa banget jadi pilihan.

Menurut kalian bagaimana?

Apakah artikel ini bermanfaat? Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat dan komentar jika ingin ada yang ditanyakan. Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *